Blog

smartdeal dan PPATK Gelar Pelatihan Anti Pencucian Uang

Currency exchange atau penukaran valuta asing merupakan bentuk usaha yang sederhana dalam perdagangan valuta, namun ada banyak hal yang perlu diketahui dalam bisnis ini. Salah satunya adalah peraturan dan undang-undang yang berlaku. Atas dasar kebutuhan pengetahuan dasar seputar peraturan dan undang-undang ini maka smartdeal berkolaborasi dengan PPATK/ Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan untuk menyelenggarakan pelatihan mengenai Anti Pencucian Uang dan Pelaporan ke PPATK.

Kelas pelatihan dibagi dalam beberapa-kelas kecil dan diadakan beberapa kali agar setiap kelas berjalan efektif. Melalui pelatihan ini diharapkan karyawan-karyawan smartdeal mendapatkan pengetahuan dan wawasan mengenai bahaya dan ancaman pencucian uang yang berpeluang terjadi dalam bisnis ini. Selain itu mereka juga dididik lebih lanjut mengenai struktur dan kriteria pelaporan yang baik kepada PPATK.

Sesi latihan pertama digelar pada Rabu 20 Juli 2016, di mana Ibu Ayu Utami dari PPATK menjadi pembicara yang membawakan topik LTKM (Laporan Transaksi Keuangan Mencurigakan) serta mengajarkan kriteria-kriteri yang dapat digolongkan sebagai transaksi mencurigakan yang harus dilaporkan serta bagaimana membuat laporan yang baik dan relevan kepada PPATK untuk kebutuhan pengawasan yang dijalankan oleh PPATK.

Pelatihan berlanjut dengan penjelasan seputar Anti Pencucian Uang yang dibawakan oleh Ibu Yuanita Retno S. Dalam sesi ini karyawan smartdeal diajarkan apa alasan dan mengapa mereka harus melaporkan kepada PPATK. Indonesia pernah di-blacklist oleh FATF dan telah berhasil keluar dari blacklist ini setelah mengorganisir sebuah badan hukum yang mengawasi dan mengelola transaksi keuangan di Indonesia.

Dalam sesi kedua ini dijelaskan mengenai tahapan pencucian uang : structuring, layering dan placement. Tujuan sesi ini untuk memberikan wawasan kepada karyawan smartdeal agar memahami secara menyeluruh kegiatan dan indikasi terjadinya pencucian uang.  Diakhir sesi dilakukan pembahasan sebuah studi kasus untuk memberikan pemahaman lebih dalam serta contoh praktis kegiatan pencucian uang.

Manajemen smartdeal berharap agar pelatihan ini dapat memperluas wawasan dan pengetahuan karyawan serta menjadi bekal bagi mereka untuk menghadapi kegiatan-kegiatan pencucian uang dalam bisnis smartdeal serta dapat melaporkan kepada PPATK. 

prev
next